Pengembangan teknologi sebagai bentuk fasilitas pembelajaran pada Unit Layanan Disabilitas (ULD) di Universitas Darwan Ali yang diperuntukkan bagi mahasiswa disabilitas dapat memberikan manfaat, diantaranya: Memberikan kenyamanan dalam akses pembelajaran melalui teknologi layanan disabilitas bagi mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Darwan Ali. Memberikan dukungan kepada mahasiswa berkebutuhan khusus untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran yang bermutu dengan menggunakan teknologi asistif Unit Layanan Disabilitas (ULD).
Indikator Keberhasilan
Laporan Tingkat Penerimaan Pengguna di Kampus UNDA Terhadap Teknologi Asistif Jumlah mahasiswa yang terlibat: 60 Mahasiswa Subjek berkebutuhan khusus yang terlibat (jumlah dan jenis): Setelah melakukan uji coba instrumen screening mahasiswa berkebutuhan khusus, ditemukan sebanyak 9 mahasiswa, kesulitan dalam melihat jarak dekat. Selengkapnya Klik Disini.
Tujuan
Penyusunan program bantuan inovasi pembelajaran dan teknologi bantu untuk mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Darwan Ali, diantaranya: Mendorong terbentuknya Unit Layanan Disabilitas (ULD) bagi mahasiswa penyandang disabilitas pada hambatan fisik dan non-fisik di Universitas Darwan Ali. Meningkatkan kemudahan bagi mahasiswa penyandang disabilitas fisik dan non-fisik dalam mengakses pembelajaran secara berkelanjutan dengan menggunakan teknologi layanan disabilitas di Universitas Darwan Ali.
Latar Belakang
Unit Layanan Disabilitas (ULD) UNDA Seiring meluasnya era globalisasi, pendidikan yang didapatkan semakin bervariatif, baik itu melalui tenaga pengajar maupun dengan memanfaatkan teknologi canggih, terkhususnya pendidikan yang ada di Perguruan Tinggi. Dinamika pembelajaran di Perguruan Tinggi tentunya dihadiri oleh banyak kalangan dan golongan mahasiswa yang menempuh pendidikan lanjutan, salah satunya adalah mahasiswa penyandang disabilitas. Mahasiswa penyandang disabilitas merupakan mahasiswa yang memiliki hambatan atau keterbatasan secara fisik atau non-fisik (intelektual) dalam proses aktivitas pembelajaran yang dilakukan di Perguruan Tinggi, sehingga diperlukan penanganan lebih lanjut untuk mendukung kegiatan pembelajaran di dalam kelas....